Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berorientasi Direct Instruction melalui Blended Learning pada Materi Hidrokarbon

DEWI KUSUMAWATI, KUSUMAWATI DWININGSIH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa yang efektif ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan dari LKS berorientasi direct instruction melalui blended learning pada materi hidrokarbon. Model pengembangan LKS menggunakan model 4-D dari Thiagarajan,dkk (1974) yang terdiri 4 tahapan pengembangan ini yaitu define, design, develop dan disseminate akan tetapi pada disseminate tidak dilakukan karena penelitian ini terbatas pada tahap uji coba. Lembar kerja siswa ini ditelaah dan divalidasi oleh 2 dosen kimia UNESA dan 1 guru kimia SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Subyek penelitian adalah 15 siswa kelas XI MIA 6 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan terdiri dari 3 LKS dinyatakan valid dengan kategori valid dan sangat valid dengan perolehan persentase kelaakan sebesar (a) LKS-1 80,48%; (b)LKS-2 82,70%; dan (c)LKS-3 82,70%.

Kata Kunci:LKS, direct instruction, blended learning, hidrokarbon.


Full Text:

PDF


    Online ISSN  (e-ISSN: 2252-9454)     Manuscript Template        Publication Scheme         Publication Forms                                                         

                                                             

 

  Visitors Statistic (since 20 March 2020)

Flag Counter  
                                                                 

                                                               Indexation