PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SMAN 2 KOTA MOJOKERTO

DWI RETNO WULANDARI, ISMONO

Abstract


Abstrak

Telah dilakukan penelitian pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan kelayakan LKPD yang dikembangkan ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur penelitian pengembangan produk oleh Muslimin Ibrahim yaitu model 4-D yang dibatasi hanya sampai dengan tahap develop (pengembangan). Kelayakan dari aspek validitas mendapatkan persentase sebesar 80% - 93,33% dengan kategori valid sampai dengan sangat valid. Kelayakan dari aspek kepraktisan ditinjau dari hasil observasi aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan LKPD diperoleh rata-rata persentase sebesar 94,98% didukung dengan hasil respon peserta didik yang mendapatkan persentase sebesar 98,89% yang termasuk dalam kriteria sangat praktis. Kelayakan dari aspek keefektifan ditinjau dari ketuntasan hasil belajar, baik ketuntasan individu maupun ketuntasan klasikal serta dari peningkatan hasil belajar dan peningkatan keterampilan proses sains. Persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 100% dan rata-rata peningkatan (N-Gain) hasil belajar peserta didik sebesar 0,78 dengan kategori tinggi, sedangkan hasil peningkatan (N-Gain) tes keterampilan proses sains peserta didik sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran karena telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Keterampilan Proses Sains, Termokimia.

Abstract

This research entiled development of student activity sheet based guided inquiry to exercising science process skills in thermochemistry matter XI grade of senior high school. In the research will be determine and describe the feasibility of developed student activity sheet in term of validity, practicality, and effectiveness. The procedure of development research carried out follow step of product development by Muslimin Ibrahim thatis 4-D model (four D) limited to development stage. The feasibility of validity aspects obtained the percentage of 80%-93,33% with valid to very valid categories. The feasibility of practical aspects in term of observatios of student activities during learning using student activity sheets obtained average percentage of 94,98% supported by the results of responses of students who get a percentage of 98,89% which is included in very practical criteria. The feasibility of effectiveness aspects in term of completeness of learning of learning outcomes, both individual completeness and classical completeness and from improving science process skills. The percentage of classical completeness of classical completeness obtained is 100% and the average improvement (N-Gain) of student learning outcomes is 0,78 with a high category high. From these results indicate if the developed student activity sheet is declared feasibile as a learning media because it has fulfilled the validity aspects, practicality, and effectiveness.

Keyword: Student Activity Sheet, Science Process Skills, Thermochemistry







Full Text:

PDF


    Online ISSN  (e-ISSN: 2252-9454)     Manuscript Template        Publication Scheme         Publication Forms                                                         

                                                             

 

  Visitors Statistic (since 20 March 2020)

Flag Counter  
                                                                 

                                                               Indexation