PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPLAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMAN 2 KOTA MOJOKERTO PADA MATERI ASAM BASA

ENY RUHMANIYA, ISMONO

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 2 SMAN 2 Kota Mojokerto pada materi asam basa.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian yang diguanakan adalah One grup pretest posttest design. Penelitian ini juga menggunakan instrumen penelitian berupalembar pengamatan (keterlaksanaan model pembelajaran dan aktivitas guru), lembar tes (keterampilan proses sains, dan hasil belajar), dan lembar angket respon peserta. Hasil penelitian menunjukkan data sebagai berikut. (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing selama tiga kali pertemuan memperoleh rata-rata presentase sebesar 96,43% dan berada pada kategori sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik selama tiga kali pertemuan menunjukkan presentase aktivitas peserta didik yang relevan lebih tinggi daripada aktivitas yang tidak relevan. (3) Hasil belajar keterampilan proses sains memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 97,22% dengan 35 peserta didik berada pada kategori sedang atau tinggi, dan 1 peserta didik berada pada kategori rendah. (4) Hasil belajar ranah pengetahuan peserta didik mencapai nilai rata-rata sebesar 86 dan ketuntasan klasikal sebesar 94,44%. (5) Respon peserta didik terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat dikatakan sangat baik, hal ini dibuktikan dengan perolehan presentase sebesar 94,7%.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, asam basa

Abstract

This study aims to train students science process skills by applying a guided inquiry learning model in class XI IPA 2 of SMAN 2 Kota Mojokerto on acid-base material. This research uses descriptive quantitative research with the research design used is one group pretest posttest design. This study also used research instruments in the form of observation sheets (implementation of teacher learning and activity models), test sheets (science process skills, and learning outcomes), and participant response questionnaire sheets. The results of the study show the following data. (1) The implementation of the guided inquiry learning model in the first, second and third meetings obtained an average percentage of 96.43% and was in the very good category. (2) The activities of the students for three meetings show the percentage of the activities of the relevant students is higher than the irrelevant activities. (3) The results of learning process science skills obtain classical completeness of 97.22% with 35 students in the medium or high category, and 1 student in the low category. (4) The learning outcomes of realm knowledge of students achieve an average value of 86 and classical completeness of 94.44%. (5) The response of students to the guided inquiry learning model can be said to be very good, this is evidenced by the acquisition of a percentage of 94.7%.

Keywords: guided inquiry, science process skills, acid base.



Full Text:

PDF


    Online ISSN  (e-ISSN: 2252-9454)     Manuscript Template        Publication Scheme         Publication Forms                                                         

                                                             

 

  Visitors Statistic (since 20 March 2020)

Flag Counter  
                                                                 

                                                               Indexation