KELAYAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INTERTEKSTUAL PADA MATERI REAKSI KIMIA UNTUK KELAS X SMA (FEASIBILITY OF INTERACTIVE MULTIMEDIA BASED ON INTERTEXTUALITY IN CHEMICAL REACTION MATERIAL FOR X-GRADE SENIOR HIGH SCHOOL)

Tri Sulistyowati ., Sri Poedjiastoeti .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Intertekstual pada Materi Reaksi Kimia untuk Kelas X SMA yang dinilai berdasarkan aspek intertekstual, aspek materi, aspek format media, dan aspek teknis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian Research and Developmet (R&D) sampai tahap studi pengembangan (uji coba produk terbatas). Sumber data penelitian ini adalah : satu dosen kimia, dua guru kimia, dan 15 siswa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Instrumen Penelitian meliputi lembar telaah, lembar validasi, lembar angket respon siswa, dan lembar tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif, dengan ketentuan media dikatakan layak apabila presentase yang diperoleh ≥ 61%.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dihasilkan layak berdasarkan penilaian dari dosen kimia, dan guru kimia. Aspek Interteksual dan aspek materi mendapatkan penilaian > 80% (sangat baik) pada tiap komponennya. Selain itu, sebanyak 85% komponen pada aspek format media mendapatkan penilaian sangat baik dan aspek teknis mendapatkan penilaian dengan kategori baik pada tiap komponennya. Hasil uji coba terbatas mendapatkan respon positif dari siswa dan  87 % siswa tuntas mengerjakan tes hasil belajar sehingga secara empiris mendukung kelayakan media yang dikembangkan.

Kata Kunci: multimedia interaktif, intertekstual, reaksi kimia

This research aims is to determine the feasibility of interactive multimedia based on intertextuality in chemical reaction material for X grade senior high school based on intertextual, material, format of media, and technical aspect. This research is development research using Research and Development (R&D) design. Data sources of this research are: one chemistry lecture, two chemistry teachers and 15 students of  SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Instrument of this research  includes study sheets, validation sheet, student questionnaire respons, and test sheet. Data were analyzed descriptively, with media provision is feasible if the percentage obtained by ≥ 61%. The results showed that media feasible based on the assessment of chemistry lecture and chemistry teachers. Intertextual aspects and material aspects get assesment > 80% (very good) on each of its components. In addition, as many as  85% of the components in the media format aspects get a very good assessment. Technical aspect get an appraisal good category on each component. The limited trials result  get a positive response from students and 87% of students taking the test due so the results empirically support the feasibility of the developed media.

Keywords : interactive multimedia, intertexual, chemical reaction



Full Text:

Untitled


    Online ISSN  (e-ISSN: 2252-9454)     Manuscript Template        Publication Scheme         Publication Forms                                                         

                                                             

 

  Visitors Statistic (since 20 March 2020)

Flag Counter  
                                                                 

                                                               Indexation