PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATERI PENYUSUTAN ASET TETAP

VIVI PRATIWI

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat evaluasi pembelajaran berbasis ICT menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator pada materi penyusutan aset tetap kelas XII Akuntansi SMK Negeri di Surabaya yang teruji layak digunakan dalam evaluasi pembelajaran serta memperoleh respon positif dari siswa. Alat evaluasi ini dikembangkan dengan model ADDIE yang dikemukakan oleh Reiser dan Mollenda. Uji coba dilakukan pada 21 siswa kelas XII Akuntansi yang terdiri dari masing-masing 7 siswa dari SMK Negeri 1 Surabaya, SMK Negeri 4 Surabaya, dan SMK Negeri 10 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembah telaah dan lembar validasi ahli materi, lembah telaah dan lembar validasi ahli media, analisis soal, dan angket pendapat siswa. Hasil data dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase.  Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 86% dengan kriteria sangat layak dan validasi dari ahli media memperoleh skor 96% dengan kriteria sangat layak. Butir soal kemudian dianalisis dan diuji cobakan kepada siswa dengan perolehan  rata-rata persentase pendapat siswa sebesar 85% dengan kriteria sangat baik. Hasil keseluruhan validasi ahli dan uji coba terbatas diperoleh rata-rata skor 89% sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam evaluasi pembelajaran serta memperoleh respon positif dari siswa..


 


Kata Kunci: Alat Evaluasi Pembelajaran, ICT, Wondershare Quiz Creator, Penyusutan Aset Tetap


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jpak@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International