Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI Di SMK Negeri Mojoagung

DEA VITASARI, SUCI ROHAYATI

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik, kelayakan menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis dan respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar telaah dan validasi menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis serta angket respon siswa. Penghitungan skor persentase mengacu pada skala likert dan skala guttman. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan isi sebesar 87,4% dengan kriteria sangat baik, kelayakan penyajian sebesar 78% dengan kriteria sangat baik, bahasa sebesar 94% dengan kriteria sangat baik, dan kegrafikan sebesar 98% dengan kriteria sangat baik. Dari keseluruhan diperoleh rata rata sebesar 89,3% dengan kriteria sangat baik. Untuk angket respon siswa memperoleh hasil rata rata sebesar 87,5% dengan kriteria sangat baik.

Kata kunci : Bahan Ajar, LKPD, Pendekatan Saintifik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Announcement :

Mulai Terbitan Volume 8 No. 1 Tahun 2020, JPAK telah berpindah ke website yang baru yaitu : https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak

 

View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jpak@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International