STUDI TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 SURABAYA

Uky Permata Sari, Joni Susilowibowo

Abstract


Media pembelajaran adalah segala bentuk saluran yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pengetahuan guna mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran akuntansi yang digunakan oleh guru akuntansi di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Surabaya dan untuk mendeskripsikan kelayakan dari penggunaan media pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan telaah ahli media. Hasil penelitian ini adalah dalam pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran akuntansi berupa power point. Berdasarkan hasil telaah kelayakan untuk masing-masing aspek yaitu, aspek kelayakan isi memperoleh persentase sebesar 78,125% dengan kriteria sangat layak, aspek kelayakan kebahasaan memperoleh persentase sebesar 85,425% dengan kriteria sangat layak, dan aspek kelayakan penyajian memperoleh persentase sebesar 74% dengan kriteria layak. Secara keseluruhan kelayakan media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 79,24%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran akuntansi yang digunakan oleh guru sangat layak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jpak@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International