SURVEY TENTANG PENGGUNAAN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 CERME GRESIK

Ning Bariroh, Hartojo Hartojo

Abstract


Bahan ajar merupakan sumber belajar yang sangat penting dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.  Menurut BSNP ,bahan ajar yang baik adalah bahan ajar yang memenuhi 4 komponen kelayakan yaitu kelayakan  isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kegrafikaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahan ajar yang digunakan oleh guru akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cerme Gresik, alasan penggunaan bahan ajar tersebut dan kelayakan dari bahan ajar yang digunakan. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket telaah ahli materi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah guru menggunakan bahan ajar berupa buku dan lembar kegiatan siswa. Guru menggunakan bahan ajar tersebut karena bahan ajar tersebut telah disesuaikan dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan, mencakup SK dan KD yang digunakan, menggunakan bahasa yang sederhana dan disertai dengan ilustrasi gambar. Hasil telaah bahan ajar menunjukkan kedua bahan ajar layak digunakan dalam proses pembelajaran akuntansi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jpak@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International