PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MENGGUNAKAN COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI POKOK MENYUSUN NERACA SALDO

Dessy Yulia Safitri, Joni Susilowibowo

Abstract


Materi pengantar akuntansi merupakan materi awal yang diterima siswa jurusan akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto, siswa kelas X akuntansi masih merasa kesulitan memahami materi jurnal penyesuaian. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) menggunakan Collaborative Learning pada materi pokok menyusun neraca saldo, juga berisi materi tentang jurnal penyesuaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi pokok menyusun neraca saldo melalui pembelajaran kolaboratif. Uji coba terbatas dilakukan oleh 20 siswa SMK Negeri 1 Sooko. Kelayakan LKS ditinjau dari 5 aspek yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, kelayakan kegrafikaan, dan kelayakan kesesuaian dengan collaborative learning, serta respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Penelitian ini dibatasi pada tiga tahap yaitu 1) tahap pendefinisian, 2) tahap perancangan, dan 3) tahap pengembangan. Dari hasil validasi ahli materi mendapat persentase penilaian pada kelayakan isi sebesar 84,29%, kelayakan penyajian sebesar 75,71%, kelayakan bahasa sebesar 73,33%, kelayakan kegrafikaan sebesar 70%, kelayakan kesesuaian dengan collaborative learning sebesar 80%. Hasil validasi ahli grafis menunjukkan persentase penilaian pada kelayakan kegrafikaan sebesar 77,5%. Hal ini didukung hasil respon siswa dengan persentase sebesar 89,1%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka LKS yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan LKS, pembelajaran kolaboratif, menyusun neraca saldo


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jpak@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International