PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM RECIPROCAL TEACHING DAN BRAINSTORMING DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

Septyani Pratiwi, Eko Wahjudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)  perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching, (2) perbedaan hasil belajar siswa model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran brainstorming  pada materi pencatatan kas kecil perusahaan jasa/dagang di kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis desain eksperimen murni (true experiment design). Model eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMKN 4 Surabaya dimana kelas X.Ak1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.Ak3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1)  ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching, (2)  ada perbedaan hasil belajar siswa model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran brainstorming  pada materi pencatatan kas kecil perusahaan jasa/dagang di kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya. Hasil belajar siswa pada penerapan model Pembelajaran reciprocal Teaching lebih baik daripada hasil belajar siswa pada model pembelajaran Brainstorming.

Kata kunci: Model pembelajaran reciprocal teaching dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jpak@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International