PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BERPASANGAN DAN INDIVIDU PADA MATA DIKLAT AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 1 LAMONGAN

NUR AMALINA

Abstract


Artikel ini berisi tentang pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek berpasangan dan individu terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Lamongan. Metode dalam penelitian ini menggunakan True Eksperimen (eksperimen Murni) dengan desain Pretest Posstest Control Group Design. Latar dan subjek penelitian yaitu siswa kelas X AK 2 sebagai kelas Kontrol dan X AK 1 sebagai kelas eksperimen di SMK Negeri 1 Lamongan dengan jumlah masing-masing kelas 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa akuntansi pada pokok bahasan pelaporan keuangan dilihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 75,28 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 63,33. Berdasarkan uji-t melalui program SPSS dengan statistik uji independent sample T-Test, menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05, maka  ditolak dan  diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada  perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.


 


 


Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berpasangan dan Individu, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Terindeks oleh:

    

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jpak@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International