SISTEM PENGELOLAAN ARSIP DI DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA DAN PEMATUSAN KOTA SURABAYA

RACHMAD FUJI SANJULI

Abstract


ABSTRAK


 


Sistem Pengelolaan Arsip memiliki peranan penting sebagai sumber informasi dan media dokumentasi. Sebagai sumber informasi, maka arsip merupakan bahan/data untuk pengambilan suatu keputusan secara tepat, sehingga arsip dapat dikatakan suatu sistem dimana satu sama yang lain saling berkaitan dalam satu ikatan yang utuh, karena arsip dapat menunjang suatu program kegiatan organisasi, baik dari segi perencanaan, pelaksanaan maupun pengendalian tugas organisasi yang bersangkutan mulai dari kegiatan terdepan sampai pada kegiatan pengambilan keputusan. Arsip sebagai media dokumentasi, maka arsip merupakan bukti resmi yang dapat dipertanggungjawabkan untuk kegiatan pemerintah, oleh karena itu menjadi kewajiban bagi setiap pegawai yang berkerja pada unit kearsipan dalam organisasi ini untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, agar pelayanan surat menyurat bisa lebih efektif dan efisien, adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis Sistem Pengelolaan Arsip di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya.


Dalam penelitian ini peneliti menggunakan cara penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berupaya mengembangkan konsep dan fakta secara mendalam untuk menjawab bagaimanakah Sistem Pengelolaan Arsip di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya.


Sistem Pengelolaan arsip di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya menggunakan sistem nomor dan sistem tanggal yang masih kurang efektif tetapi sudah berjalan dengan baik, dikarenakan menggunakan prosedur gabungan antara sentralisasi dan desentralisasi.


 


Kata kunci : Sistem, Pengelolaan, Arsip.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.