PENGARUH CITY BRANDING DAN MEDIA SOSIAL INSTAGARAM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI LUMPUR SIDOARJO

BAGAS DWI PRAKOSO, NOVI MARLENA

Abstract


Strategi City Branding merupakan sebuah strategi pariwisata dengan cara memperkenalkan suatu keunikan dari suatu daerah. Tujuan dalam melakukan analisis ini supaya mengetahui daya yang timbul dari City Branding dan Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Berkunjung di Lumpur Sidoarjo. Penelitian ini memakai jenis penyelidikan berdasarkan banyaknya serta dan pendekatan yang menggambarkan apa adanya. Bagian kecil dalam meneliti ini sebanyak 149 responden. Metode mengambil sampel memakai purposive sampling serta teknik mengumpulkan keterangan yang benar penelitian ini menggunakan riset pernyataan tertulis. Karakteristik responden dalam melakukan analisis data adalah pengunjung yang pernah berada di Lumpur Sidoarjo minimal satu kali dan kriteria usia responden berusia 16 – 40 tahun. Variabel City Branding mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Berkunjung di Lumpur Sidoarjo. Variabel Media Sosial Instagram berpengaruh dengan Keputusan Berkunjung di Lumpur Sidoarjo. Variabel City Branding dan Media Sosial Instagram menaruh pengaruh terhadap Keputusan Berkunjung di Lumpur

Kata Kunci : City Branding, Media Sosial Instagram, Keputusan Berkunjung.

Strategy City Branding is a tourism strategy by introducing a uniqueness of an area. The purpose of this study was to determine the effect of City Branding and Instagram Social Media on the Visiting Decision in Sidoarjo Mudflow. In this study using quantitative research with a descriptive approach. The sample in this study were 149 respondents. With sampling techniques using purposive sampling and data collection techniques this study uses questionnaires.Characteristics of respondents in this study are visitors who have visited Sidoarjo mudflow at least once and the age criteria of respondents aged 16-40 years. Thevariable City Branding has an influence on the Decision to Visit in Sidoarjo Mud. The Instagram Social Media variable has an influence on the Visit Decision in Sidoarjo Mud. Thevariable City Branding and Instagram Social Mediahas an influence on the Visit Decision in the Sidoarjo Mudflow

Keywords: City Branding, Instagram Social Media, Visiting Decision.







Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Terindeks oleh:

    

 

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jptn@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International