Pengaruh Kualitas Layanan dan Varian produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Juragan Sambal Surabaya

MUHAMMAD WAHYU ARIYANTO, PARJONO

Abstract


Untuk mencapai kepuasan konsumen diperlukankKualitas layanan dan varian produk sebagai salah satu indikatornya, dimana persaingan bisnis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan, mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan varian produk terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 15.775 adalah konsumen rumah makan Juragan Sambal usia 15 – 64 tahun. Sampel penelitian berjumlah 100 konsumen, ditentukan berdasarkan teori Slovin dengan kesalahan 10%. Teknik sampling purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 25.0. Hasil angket penelitian diketahui pengaruh X1 terhadap y sebesar 0,330, X2 terhadap y sebesar 0,429 serta X1 dan X2 terhadap y Sebesar 0,413 kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel varian produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan kualitas layanan varian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen rumah makan Juragan Sambal Surabaya.

Kata Kunci: Kualitas layanan, Varian Produk, Kepuasan Konsumen.


Service quality and variants the product is one the indicators to achieve the satisfaction of the costumer, where competition business. This study to describe, analyze the influence of service quality and variant product on custumer satisfaction. Used research descriptive with quantitative approach. The population amounted to 15,775 are consumer rumah makan juragan sambal age of 15 – 64 years. samples amounted 100 consumers. Which formula Slovin error 10% purposive sampling. Angket and interview data collection techniques. Assumptions classical, regression liniear multiple by using the application SPSS 25.0. the results of research know to influence x1 to y at .330, x2 to y at .429, and x1 and x2 toward y amounting to .413. service quality influence positively significant to satisfaction of consumer. Variant products influence positively significant to satisfaction of consumers, and service quality and variant products influence positively signification to satiscation of consumer’s juragan sambal Surabaya.

Keywords: Service quality, Product Variants, Consumer Satisfaction.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Terindeks oleh:

    

 

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jptn@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International