Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas Xi Pemasaran Di Smk Kusuma Negara Kertosono

DESSY PUSPITA ARUMNINGTYAS, HARTI

Abstract


ABSTRAK

Penelitian pengembangan media PowToon memiliki tujuan: 1) mengembangkan media pembelajaran PowToon pada mata pelajaran penataan produk; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran PowToon pada mata pelajaran penataan produk; 3) mengetahui respons siswa terhadap media pembelajaran PowToon pada mata pelajaran penataan produk. Jenis Penelitian ini menggunakan metode Penelitian R&D (Research and Development) dengan model pendekatan 4D Thiagaradjan. Subjek Penelitian yaitu pertama Instrumen Pengumpulan Data: 1) Lembar Telaah Ahli Media dan Materi, 2) Lembar Validasi Ahli Media dan Materi, dan 3) Lembar Respons Siswa. Selanjutnya Teknik analisis Data: 1) Analisis Angket Telaah Ahli Media dan Materi, 2) Analisis Angket Validasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran PowToon telah berhasil dikembangkan melalui metode R&D dengan model 4D, 2) media pembelajaran PowToon yang dikembangkan mendapatkan persentase nilai validasi oleh para ahli dengan Kriteria “Sangat Layak”, 3) media pembelajaran dengan aplikasi PowToon yang dikembangkan mendapat keseluruhan respons siswa menggunakan ukuran “Sangat Layak”.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Aplikasi PowToon, Penataan Produk

Abstract

Research development media PowToon aims to : 1) Develop learning media with PowToon Applications in Product Structuring subjects, 2) Know the feasibility of learning media with PowToon applications in product structuring subjects, 3) Know students responses to learning media with PowToon applications on product structuring subjects. This type of research uses the Research and Development (R&D) method with Thiagaradjans 4D approach model. The research subjects are the first Data Collection Instrument: 1) Media Expert Material Study Sheet, 2) Media Expert Material and Material Validation Sheet, and 3) Student Response Sheet. Furthermore Data analysis techniques: 1) Analysis of Questionnaire Analysis of Media and Material Experts, 2) Analysis of Validation Questionnaire. The results of this study indicate that: 1) instructional media with the PowToon application have been successfully developed through R&D methods and development with the 4D model, 2) learning media with the PowToon application developed get a percentage value of validation by experts with "Very Eligible" Criteria, 3) learning media with the developed PowToon application get the overall response of students with the criteria "Very Eligible".

Keywords: Development, Learning Media, PowToon Application, Product Arrangement


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Terindeks oleh:

    

 

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jptn@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International