PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA YANG DI MODERASI OLEH EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS XI BDP SMKN 2 KEDIRI

EKSI SEKARINI, NOVI MARLENA

Abstract


Dalam diri siswa harus ditumbuhkan efikasi untuk memaksimalkan pembelajaran kewirausahaan. Apabila siswa yakin terhadap diri dan kemampuannya, maka hasil maksimal akan didapatkan melalui efikasi diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha serta untuk mengetahui apakah efikasi diri memperkuat pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI BDP SMK Negeri 2 Kediri. Responden penelitian seluruh siswa kelas XI jurusan Bisnis Daring Pemasaran (BDP) SMK Negeri 2 Kediri berjumlah 72 siswa. Kuesioner digunakan untuk melakukan teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 1) pembelajaran kewirausahaan mempengaruhi minat berwirausaha siswa Kelas XI BDP SMK Negeri 2 Kediri, 2) efikasi diri memperkuat pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa Kelas XI BDP SMK Negeri 2 Kediri.

Kata Kunci: Pembelajaran Kewirausahaan, Efikasi Diri, Minat Berwirausaha







Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Terindeks oleh:

    

 

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jptn@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International