PENGARUH INOVASI PRODUK DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP SALES PERFORMANCE PADA IKM BATIK GEDOG KABUPATEN TUBAN

WIDYA AYU PRATIWI, RAYA SULISTYOWATI

Abstract


Untuk meningkatkan keunggulan bersaing dan bertahan dalam pangsa pasar di era modern ini, perusahaan banyak melakukan strategi penjualan demi tercapainya sales performance atau kinerja dari penjualan dengan melakukan inovasi produk dan menggunakan social media marketing. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden. Data diolah dengan menggunakan SPSS 16.0. Dari hasil uji regresi linier berganda terdapat hubungan antara inovasi produk dan social media marketing terhadap sales performance . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inovasi produk (X1) berpengaruh secara positif terhadap sales performance sebesar 7,5% akan tetapi tidak signifikan. Hasil penelitian menunjukkan variabel social media marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sales performance dengan presentase sebesar 38,9%. Variabel inovasi produk dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap sales performance pada IKM Batik Gedog sebesar 49,2%.

Kata Kunci: Inovasi Produk, Social Media Marketing, Sales Performance.







Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Terindeks oleh:

    

 

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jptn@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International