PENGARUH DISPARITAS HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE (Studi Pada Konsumen Go-Food di Surabaya)

HANA INDRIA RAMADHANI, SAINO

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan ekonomi digital sangat berguna dalam sektor transportasi. Adanya transportasi online, membantu aktivitas masyarakat menjadi cepat dan efisien. Gojek memberi sebuah fitur layanan food delivery online di antaranya Go-Food. Penelitian ini mempunyai tujuan terkait dampak disparitas harga dan kualitas layanan pada loyalitas pelanggan konsumen Go-Food di Surabaya. Diterapkan metode kuantitatif dengan non-probability sampling melalui pemilihan sampel purposive sampling. Responden penelitian ini sejumlah 97 peserta yang memakai jasa Go-Food. Penelitian ini memakai teknik analisis data melalui uji regresi linier berganda. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa variabel disparitas harga menghasilkan nilai koefisien negatif atau berbanding terbalik dengan loyalitas pelanggan jasa Go-Food di Surabaya sejumlah -0,028. Sedangkan kualitas layanan dengan parsial mempunyai pengaruh signifikan pada loyalitas pelanggan sejumlah 0,295. Namun disparitas harga dan kualitas layanan dengan simultan mempunyai pengaruh signifikan pada loyalitas pelanggan jasa Go-Food di Surabaya.

Kata Kunci : Disparitas Harga, Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Terindeks oleh:

    

 

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jptn@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International