PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO SCRIBE PADA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN PELAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KOMPETENSI SISWA KELAS XII PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 JOMBANG

YUNITA WARDANI, TRI SUDARWANTO

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran video Scribe, untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran video Scribe dan respons siswa terhadap media pembelajaran video Scribe. Media pembelajaran video Scribe merupakan media yang berbentuk video, di mana video tersebut dapat menggabungkan gambar-gambar, bagan maupun bunyi. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model ADDIE sebagai model pembelajaran. Model ADDIE terdiri atas Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian, ditinjau dari segi kelayakan pengembangan media pembelajaran video Scribe didapatkan nilai untuk validasi media sebesar 99% di mana masuk dalam kategori “Sangat Layak”, untuk validasi materi didapatkan nilai sebesar 83% di mana masuk dalam kategori “Sangat Layak”, kemudian uji coba mendapatkan nilai sebesar 86,3%.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Scribe, Kompetensi Siswa.







Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Terindeks oleh:

    

 

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jptn@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International