PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK KELAS XII BDP DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

Rega Widya Parastri, Harti Harti

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran video animasi, mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi dan untuk mengetahui respon siswa pada media pembelajaran video animasi berbasis Sparkol VideoScribe. Media video animasi berbasis Sparkol VideoScribe ialah media yang berwujud video Mp4, di mana video itu sendiri berisi tentang materi yang saling berhubungan dengan gambar-gambar animasi, bagan, dan suara. Penelitian berikut, menggunakan jenis penelitian pengembangan model pembelajaran 4 dimensi dari Thiagarajan. Model 4 dimensi mencakup Define, Design, Development dan Diseminate. Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai dalam tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli materi diperoleh 85%, ahli media 82%, sehingga video animasi berbasis Sparkol VideoScribe pada kompetensi dasar menerapkan prosedur perawatan produk yang akan didisplay memperoleh nilai keseluruhan 83,5% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba kelas kecil didapatkan nilai persentase berjumlah 87,37% sedangkan uji coba kelas besar 93,83%.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Sparkol Scribe, Penataan Produk


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Terindeks oleh:

    

 

 

Alamat Redaksi:

Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi

Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya

Kampus Ketintang Surabaya 60231

Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416

email: jptn@unesa.ac.id

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN)

is licensed under a Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International