PERBANDINGAN KARAKTERISTIK POMPA HIDRAM SUSUNAN TUNGGAL DAN GANDA DENGAN JUMLAH DAN TINGGI PIPA OUTLET

RIZKY PRIAMBODO, INDRA HERLAMBA SIREGAR

Abstract


Air merupakan salah satu faktor kebutuhan yang sangat penting dan juga diperlukan dalam kehidupan manusia. Kebutuhan air yang sangat banyak juga sangat diperlukan dan dapat menimbulkan permasalahan baru, khususnya bagi masyarakat daerah dataran tinggi yang sulit mendapatkan sumber air atau dengan sumber air yang lebih rendah, sehingga untuk mendapatkannya dibutuhkan usaha yang lebih berat karena harus diangkat melalui jalan yang menurun dan menanjak.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis data statistika deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan hasil penelitian secara grafis dalam tabel dan grafik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh jarak tabung udara dengan katup hantar terhadap kinerja pompa hidram. Pompa hidram yang digunakan dalam penelitian ini berdiameter 5 inch, dengan sudut kemiringan 45º panjang inlet 6 m dan diameter pipa discharge 0,5 inch, menggunakan volume tabung udara 0,0056 m3, variasi susunan pompa tunggal dan ganda dengan jumlah outlet 1, 2, dan 3 serta tinggi outlet 4 m, 5 m, 6 m, dan 7 m .

Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pada perancangan pompa hidram susunan tunggal dan ganda didapatkan hasil yang paling optimal adalah pada pompa hidram susunan tunggal dengan jumlah pipa outlet 1 pada ketinggian pipa outlet 4 m, volume tabung udara 0,0056 m3. Dengan kapasitas discharge 0,00047 m3/s, dan efisiensi pompa hidram 51,20% sedangkan efisiensi terendah yaitu pada pompa hidram susunan ganda dengan jumlah pipa outlet 3 pada ketinggian pipa outlet 7 m dengan nilai efisiensi sebesar 7,12% dan kapasitas discharge 0,00007 m3/s.

Kata Kunci : Pompa Hidram Tunggal, Ganda, Efisiensi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.