Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Pengurus OSIS Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik

IID FITHROTI

Abstract


Pada penelitian ini terdapat permasalahan yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam memanajemen waktu antara berorganisasi dan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menganalisis data pengaruh keaktifan berorganisasi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar pengurus OSIS Madrasah Aliyah Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa. Dengan menggunakan sampel jenuh sebanyak 42 siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji liniearitas, regresi linear berganda, uji t, uji f, dan determinasi. Berdasarkan analisis data menggunakan program SPSS 16.0 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 27,531 + 0,188 X1 + 0,218 X2. Keaktifan berorganisasi memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap prestasi belajar pengurus OSIS dengan nilai sig < 0.05 atau 0.15 < 0.05 dengan T hitung 2,494, disiplin belajar memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap prestasi belajar pengurus OSIS dengan nilai sig <0.05 atau 0.39<0.05 dengan T hitung 2,101. Secara bersama-sama keaktifan belajar dan disiplin belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap prestasi belajar pengurus OSIS dengan nilai sig <0.05 atau 0.028<0.05. Persentase sumbangan keaktifan berorganisasi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar pengurus OSIS sebesar 16,8%.

Kata kunci: Keaktifan Berorganisasi, Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing :