Pengembangan Permainan Ultako Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Taman

RUSTIANA KUSUMA WARDANI, LUCKY RACHMAWATI

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengembangkan media pembelajaran ultako, mendeskripsikan kelayakan media ultako, mendeskripsikan respon, dan mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Taman.. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan media ular tangga dibuat menggunakan aplikasi CorelDraw X7; (2) Kelayakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mendapat nilai 97,91% masuk kriteria sangat baik, kelayakan materi oleh ahli materi mendapat nilai 99,3% masuk kriteria sangat baik, dan kelayakan media oleh ahli media mendapat nilai 90% masuk kriteria sangat baik; (3) Respon siswa mendapat nilai 97% masuk dalam kriteria sanagt baik atau sanagt tertarik; (4) Aktivitas belajar siswa meningkat dari 52,88% menjadi 81,15%, berdasarkan uji T nilai α=0,000 < α=0,05 sehingga media efektif meningkatkan aktivitas belajar siswa. Serta hasil belajar meningkat dari 65,8 menjadi 82,45, berdasarkan uji T nilai α=0,000 < α=0,05, sehingga media efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga media ular tangga ekonomi dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dan efektif untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: media ular tangga, kelayakan media, aktivitas, hasil belajar siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Click HERE to GO to OUR NEW SITE

Publisher

Universitas Negeri Surabaya

Managed by
Jurusan Pendidikan Ekonomi

Addres: Gedung G5 Jl. Ketintang No.2, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60231

Indexing :

         



Flag Counter


View JUPE Stats