Penerapan Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menolak Ajakan Teman Untuk Merokok Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ngoro Tahun ajaran 2012-2013

AGUSTIN NUR WIDIANTI

Abstract


Di zaman modern, perilaku merokok pada remaja merupakan pemandangan yang tidak asing. Begitu juga dengan permasalahan yang dialami oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngoro dimana banyak siswa yang merokok. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK diketahui bahwa persentase siswa merokok sebesar 20% dari jumlah siswa. Dari 20% siswa yang merokok diantaranya beralasan bahwa merokok karena diajak teman. Hal yang melatarbelakanginya adalah karena tidak mampu menolak ajakan teman untuk merokok. Ketidakmampuan menolak ajakan tersebut dikarenakan akan dijauhi, diolok-olok, dimusuhi, temannya akan tersinggung jika menolak ajakan tersebut. Dampak yang diakibatkan dari ketidakmampuan tersebut adalah selalu mengikuti ajakan teman untuk merokok meskipun mereka sadar bahwa dengan merokok maka kesehatan akan terganggu, uang saku habis, prestasi menurun dan dimarahi orang tua.


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah latihan asertif dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menolak ajakan teman untuk merokok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngoro tahun ajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan metode pre-test post-test one group design.  Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngoro tahun ajaran 2012-2013 yang tidak mampu menolak ajakan teman untuk merokok. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan self report. Angket digunakan untuk mengetahui skor kemampuan menolak ajakan teman untuk merokok sebelum dan setelah diberikan latihan asertif, sedangkan observasi digunakan untuk mengamati subjek ketika perlakuan berlangsung, dan self repot digunakan untuk mengetahui perkembangan perilaku subjek setelah diberikan perlakuan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan menggunakan uji tanda (sign test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh rtabel = 0,031 yang memiliki harga lebih kecil dari α = 0,05. Maka dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan skor dari pre-test ke post-test. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini berbunyi “latihan asertif dapat meningkatkan kemampuan siswa menolak ajakan teman untuk merokok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngoro tahun ajaran 2012-2013” diterima.


 


Kata Kunci : Latihan asertif, Kemampuan menolak ajakan teman untuk merokok


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.