STUDI IMPLEMENTASI MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SURABAYA BARAT

Dianita Winda Wulan Shafitri, Eko Darminto

Abstract


Program bimbingan dan konseling merupakan suatu rancangan atau rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat terlaksana secara efektif dan efisien, maka dala pelaksanaannya haruslah mengimplementasikan manajemen bimbingan dan konseling. Manajemen bimbingan dan konseling adalah kegiatan yang diawali dari perencanaan kegiatan bimbingan dan konseling, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengevaluasian dalam bimbingan konseling. Hasil observasi yang dilakukan di beberapa sekolah ditemukan bahwa pelaksanaan manajemen bimbingan dan konseling di beberapa sekolah wilayah Surabaya Barat tampak belum memadai. Beberapa konselor atau guru bimbingan dan konseling sekolah menyatakan masih menghadapi beberapa kendala khususnya dalam pengadministrasian kegiatan-kegiatan bimbingan dan konseling. Beberapa konselor menyatakan bahwa kendala tersebut terkait kurangnya dukungan sarana dan prasarana dan keterampilan dari para konselor. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam dan akurat tentang pelaksanaan manajemen bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama di Surabaya Barat. Penelitian di fokuskan pada implementasi empat aspek manajemen bimbingan dan konseling, yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam. Informan adalah para konselor sekolah. Berdasarkan hasil analisis dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum manajemen bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama di wilayah Surabaya Barat telah dilaksanakan dengan baik.

 

Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Bimbingan dan Konseling


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.