PENGGUNAAN KONSELING REALITA UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN SISWA MEROKOK DI SMA NEGERI 12 SURABAYA

Yanas Akbar Kurniawan, Eko Darminto

Abstract


Kebiasaan merokok sering terjadi dikehidupan remaja terutama siswa sekolah menengah ke atas, perilaku merokok banyak ditemukan dikehidupan pendidikan, merokok sudah hal wajar dilakukan oleh siswa, ini berdasar pada hasil wawancara dan juga observasi di SMAN 12 Surabaya mendapatkan hasil bahwa kedapatan siswa yang sering merokok, siswa tidak segan-segan merokok di kantin meskipun sudah ada himbauan dilarang merokok dan akan mendapatkan sangsi ketika ketahuan merokok, Dalam penelitian ini, peneliti memberikan intervensi menggunakan konseling individu teknik realita untuk menurunkan kebiasaan merokok pada siswa kelas XI SMAN 12 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan eksperimen kasus tunggal single subject design. Penelitian dilakukan pada 2 siswa kelas XI IPS yang memiliki kebiasaan merokok yang berat, namun dua siswa tersebut penghabisan batang rokok sangat berbeda, disini peneliti menggunakan sampel P dan sampel M, Sampel P satu minggu dapat menghabiskan 60 batang rokok setelah dapat perlakuan menjadi 30 batang rokok selama satu minggu, dan sampel M dapat menghabiskan batang rokok 56 setelah dapat perlakuan menjadi 36. Hal ini memnbuktikan bahwa penggunaan konseling inidvidu teknik realita dapat menurukan kebiasaan merokok pada peserta didik kelas XI SMAN 12 Surabaya. Kata Kunci: konseling individu teknik realita, kebiasaan merokok

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.