PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK SISWA SMPN 3 TAMAN SIDOARJO

Andita Putri Dewi Anggraini, Bambang Dibyo Wiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku panduan self regulated learning sebagai media bimbingan klasikal yang ditujukan kepada siswa SMPN 3 Taman, Sidoarjo. Pengembangan buku panduan self regulated learning ini dilakukan dengan mengadaptasi tahapan model pengembangan Borg & Gall, yang mencakup studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, uji validasi ahli, revisi produk. Selanjutnya hasil pengumpulan data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis akseptabilitas buku panduan self regulated learning oleh ahli materi menunjukkan kriteria penilaian baik tidak perlu revisi. Penilaian oleh ahli media menunjukkan kriteria baik tidak perlu revisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku panduan self regulated learning memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan, kepatutan, dan ketepatan. Sehingga buku panduan ini dinyatakan layak dan patut untuk digunakan sebagai salah satu bentuk layanan kepada siswa dalam mengatasi masalah belajar yang dihadapi siswa.

Kata Kunci: Pengembangan Buku Panduan, regulated learning, siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.