PENGEMBANGAN PERANGKAT BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG PRIBADI & SOSIAL BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Vini Usita Senja, Budi Purwoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk perangkat bimbingan klasikal bidang pribadi &sosial yang berorientasi pada metode higher order thinking skills (HOTS) untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama, yang juga diuji keefektifannya sehingga dapat digunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif & kuantitatif. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk, (3) uji ahli materi & media, (4) uji pengguna, (5) revisi produk. Penelitian yang dilakukan hanya terbatas sampai pada uji pengguna saja.Hasil validasi yang diperoleh dari para ahli materi produk mendapatkan persentase sebagai berikut; nilai sebesar 82% yang mendapatkan kriteria produk sangat baik dan tidak diperlukan revisi. Hasil validasi yang diperoleh dari para ahli media produk memperoleh nilai CVI sebesar 0,69 sehingga dapat dikatakan media produk sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran lebih lanjut. Sedangkan hasil validasi dari calon penggunadiperoleh nilai CVI sebesar 0,68 yang mendapatkan kriteria produk sangat sesuai dan dapat digunakan lebih lanjut.

Kata kunci: Pengembangan, Higher order thinking skills (HOTS), Bimbingan Klasikal, Pribadi Sosial


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.