PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA TEKNIK WDEP UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 1 WONOAYU-SIDOARJO

PUTRI PUSPITA DURIYANI

Abstract


 


Setiap siswa seharusnya memiliki perilaku bertanggung jawab yang tinggi dalam mematuhi tata tertib sekolah dengan menyadari tanggungjawabnya sebagai pelajar. Faktanya bahwa di SMP Negeri 1 Wonoayu ditemukan gejala siswa yang memiliki perilaku bertanggung jawab yang rendah dalam mematuhi tata tertib sekolah. Oleh karena itu, peneliti ingin memberikan suatu intervensi dengan memanfaatkan kegiatan konseling kelompok realita teknik WDEP untuk meningkatkan perilaku bertanggung jawab dalam mematuhi tata tertib sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan penggunaan konseling kelompok realita teknik WDEP untuk meningkatkan perilaku bertanggung jawab dalam mematuhi tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wonoayu.


Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experiment berupa One-Group Pre-test and Post-test Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket tersebut digunakan untuk mencari data mengenai rendahnya perilaku bertanggung jawab dalam mematuhi tata tertib sekolah. Subyek penelitiannya adalah 6 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wonoayu. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji tanda.


Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor perilaku bertanggung jawab dalam mematuhi tata tertib sekolah antara sebelum dan sesudah perlakuan setelah diberikan perlakuan berupa konseling kelompok realita teknik WDEP, yang menunjukan arah perubahan yang positif dengan melihat tabel tes binominal dengan ketentuan N= 7 yang diperoleh nilai p= 0,008. Hal ini menunjukkan p=0,008 lebih kecil dari α=0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka Hο ditolak dan Ha diterima.. Selain itu hasil peningkatan skor dari Pre-test (XB) ke Post-test (XA), yang diketahui rata-rata pre-test 145,42 dan rata-rata post-test 167,14. Hipotesis yang berbunyi Penerapan konseling kelompok realita teknik WDEP dapat meningkatkan perilaku bertanggung jawab dalam mematuhi tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wonoayu dapat diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan konseling kelompok realita teknik WDEP yaitu peningkatan perilaku bertanggung jawab dalam mematuhi tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wonoayu setelah diberi perlakuan.


 


Kata kunci: Konseling Kelompok Realita, Teknik WDEP, Perilaku Bertanggung Jawab Dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.