KEMAMPUAN MENGGAMBAR CAD MELALUI MEDIA MAKET TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 BENDO MAGETAN

MUHAMMAD ANWAR TRI ARDIANTO

Abstract


Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru di SMK bahwa, pemahaman siswa tentang gambar rencana konstruksi tangga masih kurang optimal. Media pembelajaan yang menjadi salah satu cara dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai siswa pada pelajaran menggambar rencana konstruksi tangga masih belum memenuhi syarat kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) hasil belajar siswa yang menggunakan dan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran media maket tangga, (b) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan dan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran media maket tangga pada siswa kelas XI TGB SMK Negeri 1 Bendo Magetan.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah persilangan kelas, yaitu suatu penelitian yang dilgunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Pada penelitian ini menggunakan sampel kelas XI TGB 1 (28 siswa)  dan XI TGB 2 (26 siswa), digunakan untuk mengetahui (a) hasil belajar siswa yang menggunakan dan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran media maket tangga, (b) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan dan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran media maket tangga. Pengambilan kesimpulan hasil belajar siswa dan perbedaan hasil belajar siswa diukur dengan SPSS Statistik 18 menggunakan perhitungan uji-t.
Penelitian menunjukan bahwa, (a) hasil belajar siswa yang menggunakan lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan pembelajaran media maket tangga, (b) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan dangan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran media maket tangga. Nilai thitung > ttabel (3,669 > 2,0066 dan signifikansi < 0,05 (0,025 < 0,05).  Maka H0 diterima dan H1 ditolak. Kesimpulannya ada perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran menggunakan media maket  dengan siswa yang tidak menerapkan pembelajaran menggunakan media maket.
Kata Kunci: Pembelajaran, Media Maket Tangga, Hasil belajar

Abstract

Based on interviews and observations by teachers at SMK that, students' understanding of the construction plan drawings ladder is still less than optimal. Media pembelajaan that be one way to improve learning outcomes of students. Student scores on drawing lessons ladder construction plan is still not qualify competence. This study aims to determine (a) the results of student learning to use and students who did not use instructional media mockups stairs, (b) Differences in learning outcomes of students who use and students who did not use instructional media mockups ladder in class XI TGB SMK Negeri 1 Bendo Magetan.
Study is a quasi-experimental research. The method used is a cross-class, a study that dilgunakan to seek specific treatment effect against the other under controlled conditions. In this study, using a sample of class XI TGB 1 (28 students) and XI TGB 2 (26 students), is used to determine (a) the results of student learning to use and students who did not use instructional media mockups stairs, (b) Differences in student learning outcomes the use and learning of students who did not use the stairs mock media. Conclusions of student learning outcomes and differences in student learning outcomes measured by SPSS Statistics 18 using t-test calculation.
Research shows that, (a) the results of student learning to use a higher than students who did not use mock media learning ladder, (b) There is a difference in student learning outcomes using the invitation of students who did not use mock media learning ladder. Tcount> t table (3.669> 2.0066 and significance <0.05 (0.025 <0.05). Then H0 rejected and H1 accepted. In conclusion there are differences in learning outcomes of students who apply learning using mock media with students who do not apply the learning to use maket media.

Keywords: Learning , Media Maket Stairs, learning outcomes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.