PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TGB SMKN 3 SURABAYA

MOCH ZULFIKRI

Abstract


Model pembelajaran Crossword Puzzleatau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah teka-teki silang, dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah tentang kelayakan perangkat, keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perangkat, keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran Crossword Puzzle.

Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Menggunakan metode penelitian Pre Experimental Design dengan bentuk One Shoot Case Study. Subjek penelitian adalah kelas X TGB 1 SMK Negeri 3 Surabaya berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober – 1 November semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi dan tes hasil belajar.

Berdasarkan hasil validasi, diketahui presentase rata-rata sebesar 81,26%, artinya perangkat pembelajaran sudah memenuhi kriteria kelayakan. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diketahui presentase rata-rata sebesar 88,16%, artinya keterlaksanaan pembelajaran berkriteria sangat baik. Hasil belajar siswa rata-rata sebesar 83,89 dengan ketuntasan klasikal 85,19%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Crossword Puzzle berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: Crossword Puzzle, hasil belajar siswa.

The learning model Crossword Puzzle or in Indonesian known as crossword puzzles, may be used as a learning strategy was good and fun without losing the essence of learning. The problems of this research is about the feasibility of the device, learning implementation and study result. The purpose of this study was to determine the feasibility of the device, learning implementation and the study result after the implementation of the learning model Crossword Puzzle.

This research method is quantitative. Using research methods Pre Experimental Design with shapes One Shoot Case Study. The research subject is class X TGB 1 SMK Negeri 3 Surabaya totaled 27 students. This study was conducted on October 25 to November 1 odd semester of academic year 2016/2017. Collecting data using validation methods, observation and testing of learning outcomes.

Based on the validation results, known average percentage of 81.26%, which means that the learning device meets the eligibility criteria. The results of observation of learning known impelentasi average percentage of 88.16%, which means learning keterlaksanaan berkriteria very good. The results of students' average of 83.89 with 85.19% classical completeness. Based on these results it can be concluded that the implementation of learning model Crossword Puzzle positive effect on student learning outcomes.

Keywords:Crossword Puzzle, result of student’s study


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.