PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGKATEGORIKAN MACAM-MACAM PEKERJAAN KONSTRUKSI BAJA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

JENNI FRANSISKA

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah untuk membantu siswa yang kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru, dikarenakan tidak adanya media dan kurangnya inovasi model pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media Power Point pada kompetensi dasar mengkategorikan macam-macam pekerjaan konstruksi baja.

Jenis penelitian yaitu Quasi Experimental Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X Program Studi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Surabaya tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini kelas X GB 1 sebagai kelas eksperimen, metode pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling.

Hasil penelitian penerapan model pembelajaran CTL dengan media Power Point pada hasil validasi kelayakan media sebesar 85,00%. Berdasarkan skor dan prosentase tersebut maka media pembelajaran menggunakan  power point dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kemudian untuk hasil belajar siswa, didapat dari hasil posttest setelah melaksanakan model pembelajaran CTL dengan media power point pada mata pelajaran konstruksi bangunan.  Nilai rata-rata posttest pada sampel penelitian (mean) dari kelas X TGB 1 (eksperimen) adalah 87,89. Nilai t hitung adalah 10,48 dan  nilai t tabel adalah 1,68. Sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil respon siswa yang diambil dari angket respon siswa di kelas X TGB 1 SMK Negeri 2 Surabaya didapat  prosentase siswa setuju dengan model pembelajaran CTL dengan media Power Point sebesar 75,95%. Berdasarkan hasil analisis data diatas, maka penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL), media power point, hasil belajar, respon siswa.

Abstract

The background of this research is to help students who do not understand the material presented by the teacher, because of the absence of media and a lack of innovative learning model that is used for learning. This study aims to determine the learning outcomes of students with learning model application Contextual Teaching and Learning (CTL) with media Power Point to the basic competence categorize all sorts of steel construction work.

This type of research that is Quasi Experimental Design. The population used is the class X Program Expertise Architecture Engineering at SMK Negeri 2 Surabaya academic year 2015/2016. This research sample class X GB 1 as an experimental class, the sampling method using Simple Random Sampling.

Results of research learning model application CTL with Power Point media on the results of the feasibility validation media by 85.00%. Based on the scores and the percentage of the instructional media using power point otherwise very viable for use in learning. Then for student learning outcomes, obtained from the posttest after executing learning model CTL with media power point on the subjects of building construction. The average value of posttest in the study sample (mean) of class X TGB 1 (experiment) is 87.89. T value is 10.48 and the value t table is 1.68. So that Ho is accepted and Ha rejected. The results of students' responses are taken from the questionnaire responses of students in class X TGB 1 SMK Negeri 2 Surabaya obtained percentage of students agreed with CTL learning model with Power Point media by 75.95%. Based on the analysis above, the application of the learning model contextual teaching and learning with media power point can improve student learning outcomes

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.