Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Dengan Jobsheet Pada Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Kelas XI SMK Negeri 7 Surabaya

RIDWAN EFENDI, KRISNA DWI HANDAYANI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Jobsheet pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan kelas XI SMK Negeri 7 Surabaya.

Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental design dengan desain penelitian one shot case study dengan subjek penelitian siswa kelas XI TGB SMK Negeri 7 Surabaya tahun ajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes, dan angket. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran dan analisis hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Jobsheet didapatkan hasil rata-rata total dari semua aspek yaitu sebesar 84,5% oleh guru dan 87,3% oleh siswa. Keduanya termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Jobsheet memperoleh rata-rata nilai kelas sebesar 86,03. Dari perhitungan didapat nilai thitung sebesar 10,58 dan ttabel sebesar 1,697. Jadi, dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar menggambar pondasi siswa kelas XI TGB setelah pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Jobsheet lebih besar atau sama dengan 75 (dapat diterima).

Kata kunci: Model Pembelajaran PBI, Media Jobsheet, Hasil Belajar, Gambar Konstruksi Bangunan

Abstract

This study aims to determine the implementation of learning and student learning outcomes by using Problem Based Instruction learning model with the jobsheet on the subject of Building Construction Drawing at class XI SMKN 7 Surabaya.

Research method used is pre experimental design with one shoot case study design. The subjects of the study were students of class XI TGB SMKN 7 Surabaya of the 2017/2018. The instruments data collection use tests, and questionnaires. Data analysis in this study is the analysis of the implementation of learning and analysis of the students learning outcomes.

The result showed the implementation of learning by using Problem Based Instruction learning model with the jobsheet obtained the result of the total average of all aspects of 84,5% by teachers and 87,3% by students. Both fall into very good category. Student learning outcomes using Problem Based Instruction learning modelwith the jobsheet obtained an average grade value of 86,03. From calculationgot value from tarch equal to 10,58 and ttable equal to 1,697. So, it can be concluded that the average of learning result of drawing the foundation of students class XI TGB after the implementation of Problem Based Instruction learning model with the jobsheet is greater than or equal to 75 (can be accepted).

Keywords: PBI Learning Model, Jobsheet, Learning Outcomes, Building Construction Drawing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.