PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MENGGUNAKAN LKS SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN YANG SESUAI PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN SPESIFIKASI DAN KARAKTERISTIK KAYU (Studi Kasus di Kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Sidoarjo)

AHMAD AVANDRI, ELIZABETH TITIEK WINANTI

Abstract


ABSTRAK

Model dan media pembelajaran merupakan faktor yang sangat mempengaruhi dalam kegiatan belajar mengajar. Model pembalajaran Cooperative Script dengan media LKS berperan dalam proses pembelajaran agar menjadi lebih menarik, menyenangkan dan tidak membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan cara pembelajaran lain yang sesuai, Hasil belajar, dan respon siswa terhadap penggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan media lembar kerja siswa (LKS).

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sidoarjo dengan sasaran kelas X BKP yang berjumlah 36 siswa. Variabel yang di teliti antara lain proses pembelajaran, hasil belajar, dan respon siswa. Pengumpulan data untuk proses pembelajaran dengan pengamatan kelas, hasil belajar dengan tes uraian, dan respon siswa dengan kuesioner (angket) respon dalam menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan media LKS.

Proses pembelajaran berjalan lancar, dengan nilai rata-rata 4,13 dari skor maksimal 5, hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 79,00 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 77,42%. Siswa merespon baik dengan nilai sebesar 79,78 dari nilai maksimal 100. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dengan media LKS telah sesuai dan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran.

Kata kunci: Cooperative Script, Keterlaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa, Respon Siswa

ABSTRACT

Learning model and medium teaching are the factors that very influence in learning activities. Learning model Cooperative Script with worksheet medium plays a role in the learning process to become more interesting, fun, and not monotonous. This study aim to obtain about the other learning method which appropriate, learning outcomes, and student respons toward using learning model Cooperative Script with worksheet medium.

This research was conducted at vocational high school 1 Sidoarjo with target is class X BKP which amounted to 36 students. Research variables include learning implementation, student learning outcomes, and student resonses. Data collection for learning implementation using classroom observation, learning outcomes using a description test, and student respons using a questionnaire sheet in using of learning model Cooperative Script with worksheet medium.

Based on the result of learning implementation gets average 4,13 with maximal score 5, student learning outcomes gets average 79,00 with student’s learning completeness reach 77,42%. Student respons gets score 79,78 with maximal score 100. From the result, it can be conclude that learning model Cooperative Script with worksheet medium was appropriate and able to use as learning alternative.

Keywords: Cooperative Script, Learning Implementation, Student Result Outcomes, Student Respons

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.