PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TGB SMK NEGERI 2 KRAKSAAN

BENY KOKOH IBRAHIM, NURMI FRIDA DORINTAN BERTUA P

Abstract


Abstrak

Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisio (STAD) merupakan model pembelajaran kooperatif dengan cara membentuk kelompok-kelompok kecil secara heterogen agar memacu siswa untuk saling mendorong dan membantu satu sama lain. E-modul merupakan suatu unit lengkap program pengajaran yang disajikan melalui perangkat elektronik dan software pembuka khusus, yang berisi komponen-komponen kegiatan belajar yang disusun untuk membantu siswa mencapai sejumlah tujuan yang khusus dan jelas secara mandiri.

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, kegiatan mengajar guru, dan kegiatan belajar siswa di kelas dengan menerapkan model pembelajaran STAD menggunakan e-modul pada mata pelajaran mekanika teknik. Penelitian difokuskan pada aspek kognitif menganalisis gaya batang pada konstruksi rangka batang sederhana.

Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan siklus dalam proses pembelajaran sampai nilai hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TGB2 SMKN 2 Kraksaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan metode observasi.

Hasil penelitian pada siklus 1 didapatkan nilai hasil belajar siswa 76,43 dengan persentase 58,33% siswa tuntas, meningkat pada siklus 2 nilai hasil belajar siswa 80,17 dengan persentase 86,11% siswa tuntas. Hasil kegiatan mengajar guru pada siklus 1 memperoleh skor rerata 3,35 (cukup baik), meningkat pada siklus 2 memperoleh skor rerata 3,70 (baik). Hasil kegiatan belajar siswa pada siklus 1 memperoleh skor rerata 3,23 (cukup baik), meningkat pada siklus 2 memperoleh skor rerata 3,69 (baik). Kesimpulan penelitian yaitu terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa, kegiatan mengajar guru, dan kegiatan belajar siswa.

Kata Kunci: STAD, e-modul, hasil belajar siswa, kegiatan mengajar guru, kegiatan belajar siswa.

Abstract

Student Teams Achievement Division (STAD) cooperative learning is a cooperative learning model by forming heterogeneous small groups in order to encourage students to encourage and help one another. E-module is a complete unit of teaching program that is presented through electronic devices and special opening software, which contains components of learning activities that are arranged to help students achieve a number of specific and clear objectives independently.

The research objective is to determine the improvement of student learning outcomes, teacher teaching activities, and student learning activities in the classroom by applying the STAD learning model using e-modules in engineering mechanics subjects. The study focused on the cognitive aspects of analyzing rod style in simple truss construction.

The research method uses Classroom Action Research (CAR), by using cycles in the learning process until the students learning outcomes reach the minimum completeness criteria. The research subjects were students of class X TGB2 of SMK 2 Kraksaan. Data collection techniques used are learning outcomes tests and observation methods.

The results of the study in cycle 1 obtained the value of 76.43 student learning outcomes with a percentage of 58.33% of students completed, increasing in cycle 2 the value of student learning outcomes 80.17 with a percentage of 86.11% of students completed.

The results of teacher teaching activities in cycle 1 gained a mean score of 3.35 (good enough), increasing in cycle 2 to obtain a mean score of 3.70 (good). The results of student learning activities in cycle 1 obtained a mean score of 3.23 (good enough), increasing in cycle 2 to obtain a mean score of 3.69 (good). The conclusion of the study is an increase in student learning outcomes, teacher teaching activities, and student learning activities.

Keywords: STAD, e-module, student learning outcomes, teacher teaching activities, student learning activities






Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.