PENERAPAN JOBSHEET MATERI PRAKTIK KERJA KAYU SAMBUNGAN LUBANG DAN PEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KELAS X TKK DI SMKN 3 JOMBANG

WILLY FUNGA NIRANDA, ARIE WARDHONO

Abstract


PENERAPAN JOBSHEET MATERI PRAKTIK KERJA KAYU SAMBUNGAN LUBANG DAN PEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KELAS X TKK DI SMKN 3 JOMBANG

Willy Funga Niranda

Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik

Universitas Negeri Surabaya

wilyfunga@gmail.com

Abstrak

Media pembelajaran merupakan prasarana utama dalam penyampaian materi. Fakta di lapangan menunjukkan kurang optimalnya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran terkait dengan pemanfaatan media pembelajaran dan pemahaman terhadap bakat atau potensi peserta didik sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya perbedaan antara penerapan jobsheet dan metode konvensional dalam praktik kerja kayu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan jobsheet dalam materi praktik kerja kayu sambungan lubang dan pen.

Jenis penelitian ini merupakan “Pre-Experimental Design” dengan bentuk One-Shot Case Study. Lokasi penelitian di SMKN 3 Jombang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa satu kelas X TKK SMKN 3 Jombang dengan jumlah 32 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa bahwa penerapan jobsheet pada mata pelajaran praktik kerja kayu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan prosentase analisis kegiatan guru pada pertemuan ke-1 79.41% pertemuan ke-2 81.25% pertemuan ke-3 84.37 %, aktivitas siswa pada pertemuan ke-1 78.41%, pertemuan ke-2 81.25%, pertemuan ke-3 85.15%. dan pencapaian hasil belajar siswa diatas KKM.

Kata kunci: KKM, hasil belajar, jobsheet.

Abstract

Learning media is the main infrastructure in delivering material. Facts on the field show that the teacher is not optimal in carrying out the learning process related to the use of learning media and understanding of the talents or potential of students as factors that influence learning outcomes. This can be indicated by the difference between the application of jobsheet and conventional methods in wood working practices. The purpose of this study was to determine the application of jobsheet in the work practice materials of wood connection holes and pens.

This type of research is a "Pre-Experimental Design" with the One-Shot Case Study. The location of the research is at SMK 3 Jombang. The sample in this study were students of class X TKK SMK 3 Jombang with a total of 32 students. Data is collected using observation and documentation. Data were analyzed through data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing.

The results of this paper indicate that the application of jobsheet to the subjects of wood working practices can improve student learning outcomes. This can be indicated by an increase in the percentage analysis of teacher activities at the 1st meeting 79.41% 2nd meeting 81.25% 3rd meeting 84.37%, student activity at 1st meeting 78.41%, 2nd meeting 81.25%, meeting 3rd 85.15%. and the achievement of student learning outcomes above the KKM.

Keyword : KKM, learning outcomes, jobsheet,

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.