PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN MEDIA SKETCHUP PADA MATERI PROYEKSI ORTOGONAL KELAS X DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

TYAS OKY PURMADI, KRISNA DWI HANDAYANI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan media Sketchup dan rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan metode tutor sebaya dengan media Sketchup.

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Sidoarjo, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi keterlaksanaan pembelajaran dan teknik penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hasil keterlaksanaan pembelajaran dan analisis hasil belajar siswa.

Hasil penelitian adalah Analisis uji hipotesis keterlaksanaan pembelajaran menghasilkan keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Sidoarjo setelah menggunakan metode tutor sebaya dengan media Sketchup dianggap terlaksana dengan baik (≥61%). Analisis uji hipotesis hasil belajar menghasilkan hasil belajar siswa kelas X DPIB SMK 1 Negeri Sidoarjo setelah menggunakan metode tutor sebaya dengan media Sketchup lebih besar atau sama dengan KKM ≥75 (≥75%). Jadi, pelaksanaan metode tutor sebaya dengan media Sketchup yang terlaksana dengan baik akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dari siswa.

Kata kunci: Tutor Sebaya, Media Sketchup, Menggambar Proyeksi Ortogonal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.