PENERAPAN METODE DRILL & PRACTICE MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN TEKNIK PENGOPERASIAN ALAT SIPAT DATAR (LEVELLING) DI KELAS X DPIB SMK NEGERI 2 SURABAYA

DHINDA AJENG AYU LARASATY, DIDIEK PURWADI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan metode drill & pratice dan perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan metode drill & pratice dengan menggunakan lembar kerja siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 2 Surabaya, sampel dalam penelitian ini adalah kelas X DPIB 2 dan X DPIB 3. Kelas X DPIB 2 yang mendapatkan perlakuan menggunakan metode drill & practice dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa.
Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan presentase sebesar 81,92% artinya pembelajaran menggunakan metode drill & Practice termasuk kedalam kategori sangat layak. Perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82 sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 78, jadi menunjukan terdapat perbedaan antara kelas yang mendapatkan perlakuan menggunakan metode drill & practice.

Kata Kunci: Keterlaksanaan, drill & practice, perbedaan hasil belajar.





Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.