PEMBINAAN PRESTASI BOLAVOLI DI KLUB IVOLTA KECAMATAN SARONGGI KABUPATEN SUMENEP

LINDA AGNES MAULIDA R

Abstract


Latar belakang pada penelitian ini adalah olahraga dapat dijadikan sebagai alat pengukur prestasi disetiap cabang olahraga. Pembinaan atlet dalam dunia olahraga hingga tercapainya suatu prestasi erat kaitannya dengan sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, dan program latihan yang ada.


Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pembinaan prestasi bolavoli di klub Ivolta Kec. Saronggi Kab. Sumenep dengan tujuan untuk mengetahui pembinaan prestasi bolavoli di klub Ivolta Kabupaten Sumenep.


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sasaran dalam penelitian ini adalah atlet, pelatih dan pengurus yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket, pedoman wawancara dan ceklis observasi. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran angket tentang pembinaan prestasi dari indikator sumber daya manusia, sarana prasarana dan program latihan yang sudah divalidasi.


Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa persepsi atlet, pelatih dan pengurus terhadap indikator sumber daya manusia (SDM) termasuk kategori sangat baik dengan angka persentase 84,91%,, indikator sarana prasarana termasuk kriteria sangat baik dengan angka persentase 88,10%, dan untuk indikator program latihan termasuk kriteria sangat baik dengan angka persentase 82,09%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembinaan prestasi bolavoli di klub Ivolta Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep termasuk kriteria sangat baik dengan angka persentase 86,36%. Mengenai organisasi atau kepengurusan sudah terbentuk, sarana prasarana yang dimiliki bisa digunakan, pelatih yang ada di klub Ivolta belum memiliki lisensi, program latihan dalam bentuk jangka panjang dan jangka pendek.


Saran untuk pembinaan prestasi bolavoli di klub Ivolta Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep ini perlu adanya pembinaan yang lebih baik agar prestasi dalam cabang olahraga bolavoli sesuai dengan yang diharapkan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.