PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA ATLETIK PPLPD KABUPATEN NGANJUK

ADIKASMANTO IDRIS

Abstract


Tercapainya suatu prestasi didasari oleh pembinaan olahraga yang benar, faktor yang mempengaruhi pembinaan olahraga antara lain tujuan pembinaan yang jelas, program pelatihan, pelatih dan atlet yang berkompeten, sarana dan prasarana yang memadai, pengalaman bertanding, serta adanya dana.


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui struktur organisasi PPLPD Kabupaten Nganjuk. (2) mengetahui rekrutmen atlet dan pelatih PPLPD Kabupaten Nganjuk. (3) mengetahui sarana dan prasarana PPLPD Kabupaten Nganjuk. (4) mengetahui program pelatihan PPLPD Kabupaten Nganjuk. (5) mengetahui pendanaan PPLPD Kabupaten Nganjuk. (6) mengetahui prestasi atlet PPLPD Kabupaten Nganjuk.


Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara pengamatan (observasi), wawancara (interview) dan dokumentasi.


Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, (1) Struktur organisasi PPLPD Kabupaten Nganjuk sudah ada tetapi belum terbentuk dengan jelas. (2) Rekrutmen atlet atletik PPLPD Kabupaten Nganjuk yaitu direkrut melalui seleksi dari SD, SMP, dan SMA. Kemudian direkrut dari seleksi kecamatan dilanjutkan seleksi yang diadakan oleh Kabupaten Nganjuk. Rekrutmen pelatih di PPLPD atletik Kabupaten Nganjuk tidak mengharuskan punya lisensi atau sertifikat, yang ditekankan ada niat, kemauan, tanggung jawab, dan kemampuan. (3) Sarana dan prasarana yang dimiliki PPLPD atletik kurang lengkap, belum memenuhi standart dan belum milik sendiri. (4) Program pelatihan menerapkan periode pelatihan yang terdiri dari tahap persiapan, ada umum dan khusus, tahap prakompetisi, tahap kompetisi dan tahap transisi. (5) Pendanaan di PPLPD atletik Kabupaten Nganjuk didapatkan dari dana APBD Provinsi Jawa Timur dan dana APBD Kabupaten Nganjuk. (6) Prestasi atlet atletik di PPLPD Kabupaten Nganjuk dalam kejuaraan PORPROV selama 3 tahun terakhir mengalami penurunan.


Kata kunci : Pembinaan, Olahraga Atletik, PPLPD Kabupaten Nganjuk.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.