KONTRIBUSI TINGKAT KONSENTRASI TERHADAP KETEPATAN SHOOTING FUTSAL

EKO BUDI UTOMO

Abstract


Olahraga futsal merupakan permainan beregu yang populer pada saat ini bahkan telah menjadi permainan nasional disetiap negara. Maraknya perkembangan olahraga futsal ini disebabkan karena cirinya yang memberikan kesempatan pada pemain untuk memperagakan keterampilannya dengan leluasa namun dengan masih tetap berpedoman kepada aturan permainan yang berlaku.Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masingmasing tim beranggotakan lima orang dengan tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Shooting merupakan salah satu teknik penting dalam permainan futsal. Ketika melakukan shooting, diharapkan siswa fokus berkonsentrasi agar bisa lebih maksimal dalam melakukan ketepatan shooting ke gawang.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi tingkat konsentrasi siswa terhadap ketepatan shooting dalam permainan futsal. Dan untuk mengetahui seberapa besar sumbangan tingkat konsentrasi siswa terhadap ketepatan shooting dalam permainan futsal.


Jenis penelitian yang digunakan adalah non-eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalahdesain penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler futsal SMP PGRI 7 Sedati yang berjumlah 25 siswa. Cara memperoleh data menggunakan tes konsentrasi dan tes ketepatan service atas yang dilakukan 1 kali pertemuan.


Dari hasil analisa menggunakan aplikasi komputer SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 21 dan perhitungan manual dapat diketahui untuk rata-rata dari angket konsentrasi siswa yaitu 21,72 dengan standar deviasi sebesar 2,337. Nilaiminimum variabel konsentrasi sebesar 17 dan maksimumnya sebesar 26. Sedangkan nilai rata-rata untuk variabel shooting yaitu sebesar 132,40 dengan standar deviasi 24,201. Nilai minimum skor ketepatan shooting sebesar 100 dan nilai maksimumnya sebesar 180. Berdasarkan hasil analisa data penelitian menunjukkan dari perhitungan korelasi product moment maka didapatkan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,499 < 0,3961).


Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Ada kontribusi antara tingkat konsentrasi siswa terhadap ketepatan shooting dalam permainan futsal pada peserta ekstrakurikuler futsal SMP PGRI 7 Sedati tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan analisis data dengan menggunakan korelasi product moment yang menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (0,499 < 0,3961). 2) Besarnya sumbangan tingkat konsentrasi siswa terhadap ketepatan shooting dalam permainan futsal pada peserta ekstrakurikuler futsal SMP PGRI 7 Sedati tahun ajaran 2015/2016 yaitu sebesar 24,9%


Kata kunci : Tingkat konsentrasi siswa, Ketepatan shooting futsal


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.