PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK PEGAWAI PUSKESMAS KENDAL KEREP KOTA MALANG TENTANG KEBUGARAN DAYA TAHAN JANTUNG PARU

ARYAPUTRA

Abstract


Tercapainya hasil tes kebugaran daya tahan jantung paru yang baik didukung oleh tindakan yang baik pula seperti melakukan latihan fisik atau berolahraga secara teratur dan tidak berlebihan. Tindakan yang baik ini dapat tercapai dengan memiliki pengetahuan dan sikap yang baik untuk berolahraga. Pengetahuan yang baik terhadap kebugaran daya tahan jantung paru dan mempunyai sikap yang positif dapat berpengaruh terhadap praktik seseorang terhadap kebugaran daya tahan jantung paru.


Tujuan penelitan ini untuk mengetahui Pengetahuan, Sikap dan Praktik Pegawai Puskesmas Kendal Kerep Kota Malang Tentang Kebugaran Daya Tahan Jantung Paru sebanyak 50 pegawai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif yaitu mengumpulkan data kualitatif lalu menghasilkan angka atau diangkakan, sedangkan proses pengambilan data menggunakan instrumen observasi dan angket penelitian tentang pengetahuan, sikap dan praktik yang sudah divalidasi.


Berdasarkan analisis data diperoleh nilai tingkat Pengetahuan pegawai Puskesmas Kendal Kerep Kota Malang Tentang Kebugaran Daya Tahan Jantung Paru sebagian besar termasuk dalam kategori baik. Sikap pegawai Puskesmas Kendal Kerep Kota Malang sebagian besar termasuk sangat baik, dan praktik pegawai Puskesmas Kendal Kerep Kota Malang sebagian besar melakukan praktik/tindakan yang positif.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.