ANALISIS PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA BULUTANGKIS PADA KLUB PERSATUAN BULUTANGKIS TRI DHARMA DI KABUPATEN TUBAN

MOCH. NIFKHANUL ASFIYANI

Abstract


Dalam suatu cabang olahraga dibutuhkan pembinaan olahraga yangbertujuan untuk mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan.


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui atau memperoleh informasi secara nyata dalam pembinaan cabang olahraga bulutangkis pada PB. Tri Darma di Kabupaten Tuban sertamenjadikan PB. Tri Darma sebagai Rool Model pembinaan cabang olahraga bulutangkis di Kabupaten Tuban.


Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualititatif. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode SWOT (strenght, weakness, oppurtunity, threat). Dengan menggunakan metode SWOT diharapkan mendapat hasil yang optimal dalam mengamati pembinaan bulutangkis pada PB. Tri Darma di Kabupaten Tuban. Jenis instrumen yang digunakan adalah angket.


Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pembinaan bulutangkis pada PB. Tri Darma di Kabupaten Tuban adalah sangat baik dengan persentase 89,91%. Dengan sarana dan Prasarana yang memadai dengan mempunyai gedung sendiri yang di dalamnya terdapat empat lapangan dua diantaranya lapangan karpet dengan mempunyai ruang fitrnes yang digunakan untuk kebugaran atlet saat latihan. Program pembinaan yang jelas yang dengan mempunyai pelatih yang mempunyai sertifikat kepelatihan dan perwasitan untuk di ajarkan pada atletnya tersebut. Dengan semua fasilitas (sarana prasarana) yang memadai dan program latihan yang baik PB. Tri Darma dapat meraih prestasi ditingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi.


Kata kunci : pembinaan bulutangkis, PB. Tri Darma, SWOT.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article