Pembinaan Cabang Olahraga Panjat Tebing di Federasi Panjat Tebing Indonesia Kota Surabaya

ANANG KURNIAWAN ABADI

Abstract


Olahraga panjat tebing di Surabaya merupakan salah satu cabang olahraga yang saat ini mulai digemari masyarakat mulai dari kalangan usia dini hingga dewasa. Olahraga ini di Surabaya dari tahun ke tahun selalu berkembang dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan pencapaian prestasi dari FPTI Kota Surabaya yang selalu menjadi juara umum di beberapa kejuaraan tahun-tahun terakhir ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembinaan atlet di FPTI Kota Surabaya ditinjau dari segala aspek pendukungnya, mulai dari sumber daya manusia, program latihan, dan sarana prasarana.


Penelitian yang akan dilakukan adalah berjenis penelitian kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu dari data angka untuk kemudian didapatkan deskripsi atau penjelasan tentang sebuah fenomena atau peristiwa yang hanya fokus pada apa yang sedang terjadi.


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa untukpembinaan cabang olahraga di FPTI Kota Surabaya mempunyai rata-rata mencapai 79 dengan persentase 79% yaitu dalam kategoribaik. Hal tersebut bisa dilihat dari segi sumber daya manusia, sarana prasarana dan program latihan yang sangat menunjang untuk pembinaan cabang olahraga panjat tebing sehingga FPTI Kota Surabaya bisa dibilang adalah kota atau kontingen yang tangguh terutama dari segi prestasi di setiap kompetisi atau kejuaraan. Dari mulai pengurus, pelatih, dan atlet di FPTI Kota Surabaya adalah mereka-meraka yang berkompeten dan berkualitas. Pelatih telah memiliki lisensi kepelatihan walaupun hanya beberapa saja, akan tetapi hal tersebut dapat ditutupi dengan pengalamannya di bidang panjat tebing dan ditunjang dengan loyalitas serta kemampuan untuk menganyomi atlet-atletnya. Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh FPTI Kota Surabaya sangat memadai untuk melakukan pembinaan prestasi.


Kata kunci : Pembinaan,Cabang Olahraga Panjat Tebing,FPTI Kota Surabaya


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.