ANALISIS KEMAMPUAN VO2MAX PADA ATLET KARATE RANTING PERMATA SIDOARJO

ANGGA PRAMATA

Abstract


Olahraga prestasi adalah kegiatan olahraga yang dilakukandan dikelola secara professional dengan tujuan untuk memperoleh prestasi optimal. Dan olahraga karate merupakan satu dari sekian banyak cabang olahraga prestasi yang kini sedang populer di Indonesia. Karate merupakan seni bela diri asal Jepang yang mana didalam kegiatannya selalu dibutuhkan sebuah gerakan pukulan, tendangan, tangkisan, bantingan, kelincahan, dengan bertenaga baik dalam Kata maupun Kumite. Oleh karena itu agar sebuah gerakan dapat berjalan maksimal maka faktor kondisi dan latihan fisik yang menjadi salah satu aspek penunjangnya. Dan hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen atau VO2Max.


Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat diambil rumusan masalah yaitu bagaimana tingkat kemampuanVO2Max pada atlet karate Ranting Permata Sidoarjo? Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan VO2Max pada atlet karate Ranting Permata Sidoarjo. Sehingga manfaat dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana tingkat kemampuan VO2Max atlet karate Ranting Permata Sidoarjo.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan, mendeskripsikan dan mengidentifikasi serta hanya mengumpulkan data atau fakta yang ada terkait dengan tingkat kemampuan VO2MaxAtlet Karate Ranting Permata Sidoarjo. Fokus pembahasan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan VO2Max pada atlet Karate Ranting Permata Sidoarjo dengan menggunakan instrumen Multistage Fitness Test (MFT).


Hasil penelitian menunjukkan bahwa atlet KaratePutriRanting Permata Sidoarjo yang berjumlah9atlet tersebut memiliki nilai VO2Max tertinggi 45,2 ml/kg/min dan terendah30,6 ml/kg/min, dengan rata-rata keseluruhan adalah 35,5 ml/kg/min dan termasuk dalam kategori baik (Good).


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.