PENGARUH LATIHAN ROPE JUMPSELAMA 20 DETIK DENGAN METODE INTERVAL TRAINING 1 : 5 TERHADAP DAYA TAHAN AEROBIK

FRANSISWANTO FAJAR AKBAR FACHMI

Abstract


Dalam melakukan aktivitas sehari-hari manusia sebagai makhluk hidup membutuhkan kondisi tubuh yang bugar, karena apabila seseorang memiliki tubuh yang bugar suatu pekerjaan akan didapat dengan hasil yang maksimal. Ada berbagai macam cara yang harus dilakukan seseorang untuk mendapatkan kebugaran jasmani, salah satunya dengan cara melakukan olahraga yang teratur.


Daya tahanaerobik merupakan salah satu aspek kebugaran jasmani yang digunakan untuk menunjang performa atlet.Dalam melatih daya tahan aerobik terdapat beberapa cara, salah satunya yaitu dengan cara pelatihan rope jump. Untuk menunjang latihan rope jump mengunakan metode interval training.Interval training adalah suatu metode latihan yang di lakukan secara berulang-ulang dengan diselingi waktu istirahat.Menurut Rushall & Pyke dalam Widodo (2008:75) mengemukakan bahwa, rasio kerja dan istirahat 1:3 hingga 1:5, untuk interval jarak pendek, merupakan latihan untuk mengembangkan daya tahan.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah latihan rope jumpselama 20 detik dengan metode interval training1 : 5 terhadap daya tahan aerobik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini sebanyak 15 sampel.


Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata daya tahan aerobik pada pre-test sebesar 39,68 dan post-test sebesar 44,16. Berdasarkan uji normalitas data pre-test dan post-test menunjukanhasil data berdistribusi normal. Perhitungan uji perbedaan rata-rata daya tahan aerobik sebelum dan sesudah diberi latihan menggunakan ropejumpdiperoleh t hitung sebesar 4,036 dan t tabel dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df = 14 adalah 2,977. Karena t hitunglebih besar dari t tabel (4,036 lebih kecil 2,977), maka Ho ditolak. berdasarkan hasil tersebut bahwa terdapat perbedaan sebelum dengan sesudah latihan rope jump selama 20 detik dengan metode interval training 1 : 5 terhadap daya tahan aerobik.


Kata Kunci : Latihan, Rope Jump, Interval Training, Daya Tahan Aerobik


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.