PENGARUH SENAM BUGAR LANSIA TERHADAP KUALITAS HIDUP LANSIA USIA 60 TAHUN KEATAS DI POSYANDU LANSIA KARANG WERDHA KEDURUS SURABAYA

MOHAMMAD RIZAL PAMUNGKAS

Abstract


Bagi kehidupan manusia, masa lanjut usia (Lansia) merupakan suatu siklus kehidupan manusia yang dialami, tidak dapat dihindari oleh siapapun. Proses menjadi lansia, baik secara fisik maupun psikologis akan ditandai dengan kemunduran kualitas hidup serta fungsi-fungsi anggota tubuh yang akan dapat menimbulkan masalah atau gangguan dalam aktivitas sehari-hari, sering pula diiringi dengan penurunan daya ingat. Tetapi ada sebagian lansia pada masa kini yang mengalami perubahan- perubahan tersebut lebih lambat dari pada lansia masa lalu, hal ini dikarena ada upaya-upaya perbaikan gizi dan mengomsumsi berbagai vitamin, namun juga masih banyak lansia yang tetap mengalami perubahan.


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan senam bugar lansia terhadap kualitas hidup lansia usia 60 tahun keatas di posyandu lansia karang werdha kedurus Surabaya.


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan eksperimen semu. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalahone group pretest post test design.Pemberian treatment dilakukan dengan frekuensi latihan 3 kali dalam seminggu dengan durasi 45-50 menit selama 6 minggu.Sampel penelitian ini berjumlah 15 orang lansia karang werdha yang berusia 60 tahun keatas dari populasi 150 orang dengan teknik random sampling.


Berdasarkan data yang diperoleh menggunakan instrument berupa kuesioner WHOQOL-BREF terdapat pengaruh pemberian senam bugar lansia terhadap peningkatan kualitas hidup lansia usia 60 tahun keatas dengan kategori baik sebanyak 12 orang dengan persentase 80% dan kategori cukup sebanyak 3 orang dengan persentase 20% di Posyandu Lansia Karang Werdha Kedurus Surabaya .


Kata kunci : Senam bugar lansia, kualitas hidup, lansia 60 tahun keatas


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.