PENGARUH SENAM BUGAR LANSIA TERHADAP NYERI PERSENDIAN PADA POSYANDU LANSIA KARANG WERDHA KEDURUS SURABAYA

RYAN RAHMANDA PUTRA

Abstract


Lanjut usia adalah suatu keadaan yang akan dialami oleh setiap orang. Pada usia lanjut tubuh mengalami penurunan pada sistem muskuloskeletal. Penurunan sistem muskuloskeletal ini ditandai dengan adanya nyeri pada persendian dan juga melemahnya fungsi otot. Nyeri persendian banyak dirasakan setiap lanjut usia saat ini. Salah satu upaya untuk mengurangi nyeri pada persendian adalah dengan terapi non farmakologis dengan senam bugar lansia. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh senam bugar lansia terhadap nyeri pesendian pada lanjut usia.


Metode yangdigunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimental dan design one grouppre- test dan post test design. Sampel dalampenelitian ini adalah lansia baik pria maupun wanita di Posyandu Lansia Karang Werdha Kedurus Surabaya.Instrumen yang digunakan berupa skala nyeri Numeric Rating Scale dan WOMAC. Sampel 15 orang pemilihan dengan teknik purposive sampling.


Hasil perhitungan data pre-test mempunyai rata-rata 4,00 dan post-test2,67, standart deviasi pre-test2,507 dan post-test1,633. Hasil perhitungan nyeri persendian sebelum dan sesudah diberi latihan senam bugar lansia diperoleh nilai thitungsebesar 6,325. Jika hasil nilai dari t hitung nilai t tabel maka, penelitian tersebut dinyatakan ada pengaruh. Hasilnilai dari thitung 6,325ttabel 1,76131dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penurunan nyeri persendian pada lansia di Posyandu Lansia Karang Werdha Kedurus Surabaya.


Kata kunci : Senam bugar lansia, Lanjut usia, Nyeri persendian


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.