ANALISIS KEBERHASILAN KENTO MOMOTA PEMAIN JEPANG MENJADI PERINGKAT SATU DUNIA DILIHAT DARI JUMPING SMASH DAN SPEED SMASH

DIMAS ANTA KARANA, HIMAWAN WISMANADI

Abstract


AbstrakOlahraga bulutangkis merupakan salah satu jenis olahraga prestasi yang sangat terkenal di seluruh dunia. Permainan bulutangkis merupakan permainan yang bersifat individual yang dapat dilakukan dengan cara satu orang melawan satu orang atau dua orang melawan dua orang. Pukulan smash adalah bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis. Karakter dari pukulan ini adalah keras dan laju shuttlecock cepat menuju lantai lapangan. Pukulan ini membutuhkan kekuatan otot tungkai, bahu, lengan, fleksibilitas pergelangan tangan serta koordinasi gerak tubuh yang harmonis. Kemampuan jumping smash dianggap sangat penting peranannya karena dapat menghasilkan poin, ketika melakukan jumping smash ada beberapa pergerakan yang perlu diperhatikan antara lain sudut siku, sudut bahu, tinggi lompatan dan kecepatan smashJenis penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian non-eksperimen dengan metode penelitian analisis deskriptif kuantitatif, karena tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis fakta keberhasilan Kento Momota pemain berkebangsaan Jepang menjadi peringkat satu dunia dilihat dari jumping smash dan speed smash dalam pertandingan sebenarnya.Berdasarkan hasil pengamatan, Persentase keberhasilan jumping smash yang dilakukan Kento Momota adalah 23,02 % didapat dari jumlah jumping smash yang berhasil dibagi jumlah jumping smash keseluruhan. Dari usaha jumping smash yang dilakukan Kento Momota untuk memperoleh jumping smash yang terbaik 22.8692 m/s dari tiga pertandingan bulutangkis tingkat internasional, dengan sudut siku 147o, sudut bahu 146o tinggi lompatan 0,41 meterKata kunci : Analisis, Bulutangkis, Jumping Smash, Speed Smash, Sudut Siku, Sudut BahuAbstract Is one of the most famous sport of achievement in the world. A badminton game is an individual game that can be done by one person against one or two against two. Smash blow is a form of hard blow that is often used in badminton games. The character of this punch is the hard and fast shuttlecock speeds leading to the field floor. This blow requires muscle strength of the limbs, shoulders, arms, flexibility of the wrist as well as coordination of harmonious gestures. The ability of jumping smash is considered very important role because it can generate points, when jumping smash there are some movements that need to be considered among others angle elbow, shoulder angle, jump height and smash speed.The type of this research belongs to non-experimental research type with quantitative descriptive research method, because the purpose of this research is to analyze the fact of success of Kento Momota Japan national player to world number one viewed from jumping smash and speed smash in real game.Based on the observations, the percentage of the successful jumping smash done by Kento Momota is 23,02 % obtained from the number of jumping smashes that are successfully divided the total number of jumping smashes. From jumping smash attempt by Kento Momota to get the best jumping smash 22.8692 m/s from three international badminton matches, with the angle of 147o the shoulder angle of 146o high jump 0,41 meters.Keywords: Analysis, Badminton, Smash Jumping, Smash Speed, Angle of Elbow, shoulder angle

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.