KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT TUNGKAI, DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KETEPATAN SHOOTING BOLA TANGAN PUTRA UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

AULIA LITA PRADINA, HERI WAHYUDI

Abstract


Permainan bola tangan merupakan olahraga beregu yang memiliki 14 pemain dalam 1 tim, dengan memiliki gerakan dasar terutama shooting. Shooting dalam bola tangan yaitu suatu bentuk serangan yang ditujukan untuk dapat menghasilkan point serta senjata untuk memenangkan suatu pertandingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran presentase kontribusi kekuatan otot lengan, kekuatan otot tungkai, dan keseimbangan terhadap ketepatan shooting bola tangan. Dengan subyek penelitian atlet putra unit kegiatan mahasiswa bola tangan Universitas Negeri Surabaya yang berjumlah 14 pemain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif analisis korelasi dengan pengambilan data kekuatan otot lengan, kekuatan otot tungkai, keseimbangan dan ketepatan shooting 7 meter.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya kontribusi antara variabel kekuatan otot lengan (X1), kekuatan otot tungkai (X2), dan keseimbangan (X3) secara bersama – sama terhadap ketepatan shooting bola tangan (Y) dengan nilai Fhitung = 2,339 < Ftabel 3,34. Secara individu hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi terbesar diperoleh dari kekuatan otot lengan dengan besaran presentase 38,44%, dan variabel lainnya (kekuatan otot tungkai dan keseimbangan) tidak terdapat kontribusi terhadap ketepatan shooting bola tangan. Dengan besaran kontribusi yang didapat dari kekuatan otot tungkai sebesar 1,34% dan keseimbangan sebesar 8,35%.

Kata Kunci : Bola Tangan, Kekuatan, Keseimbangan, dan Ketepatan shooting.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.